Olahraga Saat Berpuasa

Posted: Agustus 13, 2012 in Uncategorized

Cara Melakukan Olahraga Saat Puasa

Olahraga merupakan kebutuhan hidup, karena dengan olahraga badan kita akan selalu terjaga kesehatannya sehingga kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun pada bulan Puasa (Ramadhan) kita tidak melakukan aktifitas makan dan minum disiang hari karena saat puasa kita dilarang makan dan minum dari saat Imsyak sampai maghrib, Apakah kita perlu olahraga pada saat puasa? Ya tentu dong, walaupun kita berpuasa tetapi kita dianjurkan melalukan olahraga rutin agar kebugaran dan kesehatan badan kita selalu terjaga dengan baik.
Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa adalah olahraga yang intensitasnya ringan sampai sedang tergantung dari kondisi seseorang, jika kita atlit maka olahraga yang dilakukan saat puasa adalah untuk menjaga prestasi agar tidak melorot tentunya dengan latihan yang lebih ringan dari biasanya, unsur teknik dan srategi lebih dikedepankan dari pada latihan fisik. Bagi kita melakukan olahraga saat puasa dengan tujuan menjaga kebugaran tubuh, untuk itu olahraga yang dilakukan yang ringan namun tetap bisa keluar keringat dan membakar kalori tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa misalnya jalan cepat, jogging, bersepeda dan tread mill, namun jika kondisi tubuh kita dalam kondisi kurang fit, kita dapat melakukan yoga dan jalan santai.
Jumlah latihan olahraga saat puasa adalah 2 sampai 3 kali latihan dalam satu minggu. Waktu yang pas untuk melakukan olahraga saat puasa adalah 1 Р2  jam sebelum berbuka atau setelah Sholat Asyar, dan 2 Р3 jam setelah makan sahur. karena saat itu kondisi badan kita lebih siap untuk melakukan aktifitas olahraga ringan. Lamanya olahraga pada saat puasa juga lebih pendek dari olahraga biasa.
Hal yang perlu diperhatikan pada saat puasa adalah Menu makanan atau asupan gizi. pada saat puasa kita perlu makanan yang mengandung gisi seimbang namun sesuai dengan konsisi tubuh yang berpuasa. menurut Dionisius Henry seorang konsultan latihan fisik, bahwa melakukan olahraga pada saat puasa diperlukan makanan yang  mengandung zat yang diperlukan tubuh dan cepat diserap oleh tubuh seperti. nasi merah, roti, out meal, sayur mayur dan buah-buahan. hindari makanan yang mengandung lemak dan Asam tinggi dan pada saat berbuka makanlah makanan yang manis seperti kurma, teh manis agar tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya, Jadi sekarang kita tidak usah kuatir untuk melakukan olahraga saat berpuasa semoga tulisan ini bermanfaat.
by didik cahyono.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s